Senin, 10 Oktober 2011

GOOD CORPORATE GOVERNANCE

TO BE : GOOD CORPORATE GOVERNANCE
Hj. Misparsih, S.Kp.,M.Kes
       PROFESIONALISME
                Berkata Yusuf : “Jadikanlah aku bendaharawan negara (Mesir); sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, lagi berpengetahuan.”(Qs. Yusuf : 55)
                “sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum diantara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (Qs. An-nissa : 58)
                “hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalan dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barang siapa menta’ati Allah dan Rasul-nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar” (Qs. Al Ahzab : 70 – 71)
                “apabila suatu perkara diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kehancuranya” (HR. Bukhori Muslim)

Profesionalisme dalam Pelayanan antara lain :
       Kemampuan melakukan hal yang benar, bukan sekedar melakukan dengan benar
       Sinergi dan kepercayaan
       Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan secara berkelanjutan
       Banyak memberi / melakukan bimbingan, diskusi dan belajar dari pada sekedar memberi instruksi
       Menunjang kesinambungan dan perkembangan
       Menghasilkan keuntungan bagi pemilik (stekeholders)
       Mampu merespon perubahan dengan cepat




Upaya Peningkatan mutu
          Mengembangkan akreditasi dalam meningkatkan mutu Rumah Sakit dengan indicator pemenuhan standar pelayanan yang ditetapkan DEPKES.
          ISO 9001 : 2000 yaitu suatu standar  Internasional untuk  system manajemen kualitas yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses pelayanan terhadap kebutuhan persyaratan yang dispesifikasikan oleh pelanggan dan  rumah sakit
          Mengup-date keilmuan untuk menjamin bahwa tindakan medik / keperawatan yang dilakukan didukung oleh bukti ilmiah yang mutakhir.

Orientasi Bisnis Modern
          Produk yang berkualitas
          Pemuasan kebutuhan konsumen
          Menghasilkan return (ROI/ROA) yang memadai
          Menghasilkan EVA (Economic Value Added) yang memadai
          Menghasilkan NOPAT (Net Operating Profit After Tax) bagi pemilik yang memadai
          Bersaing secara ber-etika dan bertumpu pada kompetensi

Konsep Baru ( The New Concept)
          Ide-ide/Inovasi/Perubahan
          Sistem Jaringan / Jama’ah
          Managerial kearah “TRUST”
          Mindset (Cara Pandang : Keyakinan : Nilai-nilai)

GOOD CORPORATE GOVERNANCE

1 komentar:

  1. Banyak teori yang membahas tentang good corporate governance. Salah satunya mengatakan ada 10 prinsif dalam penyelenggaran GCG yaitu :
    1. Partisipasi
    2. Penegakan Hukum
    3. Transparasi
    4. Kesetaraan
    5. Daya Tanggap
    6. Wawasan Kedepan
    7. Akuntabilitas
    8. Pengawasan
    9. Efesiensi & Efektifitas
    10. Profesionalisme
    Penyelenggaraan GCG dalam pelayanan keperawatan dan praktik keperawatan akan lebih mudah dicerna bila pada sisi pembahasan lebih ditekankan pada hal-hal yang lebih aplikatif. Good luck

    BalasHapus