Sabtu, 29 Oktober 2011

TEORI BELAJAR

TEORI BELAJAR
Dra. Atih Suryatih . Mkes
Teori belajar BEHAVIORISME
รจ Diberikan stimulus akan berespon secara otomatis (ex: otodidak)
Teori belajar KOGNITIVISME
รจ Setelah distimulus ada proses dulu baru muncul respon
Alur Pemrosesan Informasi
Teori belajar KONSTRUKTIVISME
รจ Teori/konsep yang membangun siswa/audience yang bersangkutan, sementara pengajar hanya sebagai fasilitator
รจ Mencari dan menemukan sendiri konsep-konsep
PROSES BELAJAR
  Proses belajar merupakan jalan yg harus ditempuh peserta didik untuk mampu memahami/mengetahui yang sebelumnya tidak diketahui
  Proses belajar melalui tahapan kegiatan :
  Proses intern yaitu proses dalam diri peserta didik yang sedang melakukan belajar dan tidak terlihat secara lahiriah
  Proses ekstern yaitu kejadian-kejadian yang nampak pada diri seseorang yang sedang belajar sebagai cerminan terjadinya proses intern
  Fungsi pengajar mengarahkan proses ekstern supaya mempengaruhi proses intern
Tahapan proses belajar :
1.      Motivasi: keinginan utk mencapai sesuatu berdasarkan dorongan tertentu terdiri dari :
·         Motivasi jangka panjang =รจagar nilai UAS baik
·         Motivasi jangka pendek =รจ sesaat waktu belajar
·         Regressi (kadar surut ingatan) yaitu proses melemahnya ingatan seseorang thd sesuatu hal
รจ Kadar surut ingatan tinggi รจmudah lupa
รจ Bila kadar surut ingatan rendah รจ dpt mengingat lebih lama
2.      Perhatian pada pelajaran
Peserta didik harus memusatkan perhatian pada materi yang sedang dibahas รจ tergantung dari strategi belajar รจ variasi intonasi,nada suaru,  tempo, media dan metoda
3.      Menerima dan mengingat :
  Faktor yg dapat meningkatkan penerimaan dan mengingat adalah struktur, arti, pengulangan dan interferensi (pendesakan)
  Mencegah interferensi : tdk terlalu banyak memberikan hal yg baru menjelaskan struktur materi, bila informasi banyak bisa dibantu dengan  bagan
4.      Reproduksi
Proses reproduksi terjadi apabila penjelasan struktur dilakukan dengan baik, dengan cara memberikan arah yang jelas shg materi tersimpan dg baik
  1. Generalisasi
·         Kemampuan mengaplikasikan suatu konsep kepada kondisi yang lebih luas. Hal ini dapat terjadi dengan syarat :
·         Memiliki kemampuan mengendalikan sesuatu yang telah diajarkan
·         Melaksanakan transfeer
  1. Melaksanakan latihan dan feedback
·         Peserta harus dapat melakukan sesuatu setelah mempelajari konsep dengan latihan kemudian melakukan feedback
PERENCANAAN PENGAJARAN
  • Pengertian
รจ  Merupakan suatu program bagaimana pengajaran dilaksanakan sesuai dengan apa yang sudah dirumuskan dalam kurikulum
รจ  Program perencanaan pengajaran harus sesuai dengan konsep pendidikan dan pengajaran dalam kurikulum,
  • Fungsi
รจ Sebagai pedoman kegiatan pengajar dlm mengajar dan pedoman peserta didik dalam kegiatan belajar yang disusun secara sistematik.
HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERENCANAAN PROGRAM PENGAJARAN
·         Kurikulum
·         Kondisi institusi pendidikan
·         Kemampuan dan perkembangan peserta didik dapat dikatahui dari karakter peserta didik
·         Kemampuan pengajar
PRINSIP PERENCANAAN PENGAJARAN
·         Berdasarkan kondisi peserta didik
·         Berdasarkan kurikulum yang berlaku
·         Memperhitungkan waktu yang tersedia
·         Merupakan urutan kegiatan pembelajaran yg sistimatis
·         Bila perlu dilengkapi lmb kerja/lmb tugas/ lmb observasi
·         Bersifat fleksibel
·         Berdasarkan pendekatan sistem yang mengutamakan keterpaduan antara tujuan, materi, kegiatan pembelajaran dan evaluasi
PERENCANAAN PENGAJARAN
·         Perencanaan jangka panjang
รจ Perencanaan Program Semester (Kalender Akademi)
รจ Perencanaan Program Mata Ajar atau Garis Besar Program Pengajaran (GBPP)
รจ Silabus
·         Perencanaan jangka pendek
รจ Satuan Acara Pembelajaran/ perkuliahan/ pengajaran (SAP)
PERENCANAAN PROGRAM SEMESTER
·         Output Kalender Akademi
·         Dibuat oleh bagian akademi
·         Komponen :
§  Identitas :
รจ Judul
รจ Nama program studi
รจ waktu
§  Kegiatan :
รจ Menjelaskan setiap tahapan kegiatan selama satu semester, tergantung pada semester berapa berada
§  Alokasi waktu :
รจ Kapan waktu kegiatan akan dilaksanakan dalam satu semester
รจ Terdiri dari waktu kegiatan setiap jenis pembelajaran dan waktu evaluasi baik UTS maupun UAS
§  Tanda tangan pembuat
§  Diketahui Kaprodi

PERENCANAAN PROGRAM MATA AJAR (GBPP)
·         Dibuat oleh koordinator mata ajar untuk mata ajar tim atau pengampu mata ajar untuk mata ajar mandiri
·         Komponen :
รจ Identitas
รจ Deskripsi mata ajar
รจ Tujuan mata ajar
รจ Strategi pembelajaran
รจ Alokasi waktu
รจ Rencana evaluasi
รจ Daftar kepustakaan
รจ Silabus
PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
  • Perhitungan alokasi waktu setiap MA dlm satu semester tergantung beban studi masing-masing MA
  • Taraan bebanstudi tiap jenis kegiatan pembelajaran sbb :
o   Teori/ Kuliah               : 1 sks = 50-60 menit tatap muka / minggu,
§  diiringi dg 1 jam belajar terstruktur dan 1
§  jam kegiatan mandiri
o   Diskusi/ Seminar                     : 1 sks = 2-3 jam/ minggu
o   Praktika?laboratorium : 1 sks = 2-3 jam/minggu
o   Praktik Klinik/Lapangan         : 1 sks = 4-5 jam/minggu
  • Contoh penghitungan :
    • MA KMB dg beban studi       : 4 sks tdd : 2 sks Teori, 1 sks Diskusi dan
§  1 sks praktika
    • Maka alokasi waktu MA KMB salam 1 semester adalah :
    • Kuliah                         : 16 x 2 x 50 menit
    • Diskusi/Seminar                      : 16 x 1 x 2 jam
    • Praktika                                   : 16 x 1 x 2 jam
PERENCANAAN PROGRAM MATA AJAR (SILABUS)
·         Komponen :
รจ Tujuan pokok bahasan/ topik
รจ Metoda
รจ Media atau alat
รจ Sumber referensi setiap poko bahasan
รจ Waktu
รจ Pemberi materi atau dosen pengajar
รจ Tanda tangan pengampu atau koordinator MA
รจ Diketahui kepala bidang akademi
PERENCANAAN PROGRAM PENGAJARAN JANGKA PENDEK
·         Output Satuan Acara Pembelajaran (SAP)
·         Komponen :
o   Identitas :
§  Pokok Bahasan
§  Sub Pokok Bahasan
§  Tingkat/ Semester
§  Waktu : Hari/ tgl dan jam
§  Karakteristik peserta didiik
o   Tujuan instruksional
§  Tujuan Instruksional Umum (TIU)
§  Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
o   Materi pembelajaran, bagian pokok bahasan secara garis besar  sesuia TIK
o   Metoda pembelajaran, jenis metoda pembelajaran yang akan digunakan
o   Kegiatan pembelajaran ;
§  Tahapan pembelajaran  terdiri dari pembukaan, inti (Core), penutup
§  Kegiatan pengajar
§  Kegiatan peserta didik
o   Media dan sumber belajar
o   Evaluasi :
§  Jenis soal
§  Soal dan kunci jawaaban untuk uji tulis atau lisan
§  Tools atau lembar observasi untuk uji praktik atau Performance test/ Tes perbuatan
o   Tanda tangan diketahui koordinator atau kepala bidang akademi
7 PERSIAPAN DALAM PENYUSUNAN SAP
·         Persiapan terhadap situasi
·         Persiapan menghadapi peserta didik
·         Persiapan dalam pengembangan tujuan
·         Persiapan terhadap materi bahan ajar
·         Persiapan metode pembelajaran yang akan digunakan
·         Persiapan dalam penggunaan alat dan media pembelajaran
·         Persiapan terhadap jenis dan tehnik evaluasi hasil belajar
PENGEMBANGAN INSTRUKSIONAL
·         Teori dan prinsip belajar
·         Rancangan pembelajaran
·         Perencanaan kegiatan pembelajaran
·         Strategi pembelajaran
·         Kegiatan pembelajaran
MODEL PENGEMBANGAN INSTRUKSIONAL
·         Pengertian :
o   Model pengembangan instruksional adalah cara yang sistimatis dalam mengidentifikasi, mengembangkan dan mengevaluasi seperangkat materi dan strategi yang diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Twelker, 1972)
·         Model :
o   Briggs
o   Design By Kemp
o   Instructional Development Institute (IDI)
o   Complite Instructional Design By Kemp, Morrison and Ross (1994)
o   Design Instructional ARIAS (Assurance Relevance Interes Assessment Satisfaction
o   Pengembangan Pembelajaran Sistem Instruksional (PPSI) yang dikembangkan oleh IKIP Bandung tahun 1985


PANDUAN PENYUSUNAN  RANCANGAN PEMBELAJARAN
         Penyusunan rancangan pembelajaran terakhir dalam bentuk SAP (Satuan Acara Perkuliahan)
         Langkah-langkah :
        Menentukan Identitas tdd :
         Pokok bahasan/Topik
         Sub Pokok Bahasan/ Sub Topik
         Sasaran
         Waktu (Hari, tgl, jam, durasi)
         Lokasi
         Karakteristik audience
        Menentukan Tujuan pembelajaran : baik secara umum (TIU) maupun secara khusus (TIK)
        Menyusun materi pembelajaran
        Memilih metoda pembelajaran
        Memilih media dan sumber belajar
        Menyusun kegiatan pembelajaran
        Merancang rencana evaluasi
IDENTITAS
         Pokok Bahasan /Sub Pokok Bahasan
Merupakan judul materi yang akan disampaikan saat itu berdasarkan pada Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP). Penentuan pokok bahasan atau sub pokok bahasan tergantung luasnya materi serta ketersediaan waktu yang ada, apabila materi luas dan tidak dapat disampaikan dalam satu kali pertemuan, maka dipersempit dg menggunakan Sub Pokok Bahasan (SPB)
         Sasaran
Adalah audience yang akan melakukan proses pembelajaran bisa siswa, mhs, klien, keluarga, kelompok ataupun masyarakat.
         Waktu
Meliputi, hari, tanggal, jam serta durasinya berapa lama  saat pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung
         Lokasi
Tempat dimana proses pembelajaran berlangsung seperti ruang kls, ruang/kmr perawatan, ruang diskusi, rumah keluarga, balai desa, balai pertemuan dll
         Karakteristik
Dengan melakukan analisis ciri-ciri audience kita dapat mengetahui latar belakang kemampuan awal, pengalaman belajar sebelumnya, kemahiran berbahasa, motivasi, tipologi belajar pada umumnya, sosial-budaya serta nilai-nilai yang dianutnya.
TUJUAN PEMBELAJARAN
         TIU (Tujuan Istruksional Umum)
        Atau terminal performance obyective
        Adalah perubahan perilaku yang ingin dicapai setelah suatu proses pembelajaran selesai
        Rumusanya dengan ABCD
         TIK (Tujuan Instruksional Khusus)
        Merupakan tujuan perantara untuk mencapai TIU
        Penjabaran dari pada TIU
        Dirumuskan specifik dalam perilaku-perilaku khusus yang sudah dapat diukur
PENYUSUNAN MATERI PEMBELAJARAN
         Tingkat kedalaman materi, isi, luas, relevansi serta sequensi dari materi disesuaikan dengan tujuan pembelajaran
         Materi sesuai kebutuhan, akurat dan uptodate
         Mempertimbangkan waktu yang tersedia
         Merupakan materi yang penting untuk disampaikan
         Disesuaikan dengan usia, sosial budaya, tingkat pendidikan dan sosial ekonomi
         Memiliki nilai praktis, bermakna dan bermanfaat
         Materi bersifat konsisten, faktual maupun konseptual
MEMILIH METODA PEMBELAJARAN
         Pemilihan metoda pembelajaran disesuaikan dengan tujuan
         Pertimbangkan keuntungan dan kerugian dari setiap penggunaan metoda
         Disesuaikan dengan besarnya audience
         Keterlaksanaan dalam penggunaan metoda dengan pertimbangan lebih mengaktifan audience, menarik sehingga menimbulkan motivasi tinggi untuk belajar
         Hubungan tujuan pembelajaran dengan metoda :
        Domain knowledge ingatan ===รจ Ceramah dan Tanya jawab
        Pemahaman ===รจ Diskusi, Demonstrasi dan Karyawisata
        Aplikasi kemampuan yang lebih tinggi ===รจ Eksperiment, Penugasan, Sosiodrama
MEMILIH MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
         Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan atau isi pelajaran, merangsang, pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan audience sehingga dapat memotivasi proses pembelajaran
         Alat pengajaran : adalah alat yang berperan penting dalam membantu proses pembelajaran. Ada yang bersifat umum berlaku untuk semua mata ajar spt : White board, spidol, penggaris.
      Bersifat khusus untuk mata ajar tertentu spt : Mikroskop, alat medis,
         Pemilihan media :
        Berdasar kepada tujuan pembelajaran
        Kegunaan dari masing-masing media
        Kemampuan dari pemberi materi/guru/dosen
        Fleksibilitas serta nilai praktis dari setiap media
        Keseuaian dengan alokasi waktu yang tersedia
        Ketersediaan dari setiap institusi
        Dari segi biaya yang ekonomis dan mudah didapat.
            SUMBER PEMBELAJARAN
         PEMILIHAN :
        Disesuaikan dengan materi pembelajaran
        Uptodate minimal sepuluh tahun penerbitan untuk buku
        Sumber yang digunakan/ disarankan harus tersedia di perpustakaan
        Jumlah referensi harus mencukupi
        Disusun sesuai aturan penulisan daftar pustaka
        Bila menggunakan sumber dari Internet perlu dicantumkan, situs, penulis, judul karangan  serta waktu download (pengambilan)
KEGIATAN PEMBELAJARAN
         Dibuat dengan menggunakan format yang terdiri dari :
        No
        Pase atau tahapan
        Kegiatan pengajar
        Kegiatan audience
        Alokasi waktu
NO
TAHAPAN KEGIATAN
KEGIATAN PENGAJAR
KEGIATAN AUDIENCE
WAKTU
1.
Pembukaan :
a. Salam dst


5
2
Inti/core :
a. Explanation/penjelasan dst


20
3
Penutup :
a. Resume dst


5

Evaluasi




RENCANA EVALUASI
         Evaluasi struktur :
        Menilai kesesuaina perencanaan dengan pelaksanaan :
         Ketepatan waktu
         Kesesuaian penggunaan metoda, media, materi dll
         Evaluasi proses :
        Penilaian terhadap proses pembelajaran :
         Motivasi belajar
         Interest
         Konsentrasi
         Keaktifan belajar
         Kelancaran pembelajaran
         Evaluasi hasil :
        Rencana evaluasi yang akan dilakukan :
         Jenis evaluasi ====รจ lisan atau tes tulis atau performance test/ uji praktik
         Bila uji tulis bentuk soal ===รจ Essay atau soal pilihan
         Lampiran soal beserta kunci jawaban
DAFTAR KATA KERJA DALAM TUJUAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar