LANJUTAN......
untuk mendukung kegiatan pelayanan PRIMA
1. Kenali diri anda sendiri
2. Kenali kepribadian pasien anda
1. Kenali Diri Sendiri
Tipe kepribadian apa yang anda miliki ?
Tipe kepribadian apa yang sebaiknya dimiliki oleh seorang pemberi pelayanan ?
Seberapa besar anda ingin mengubah diri anda sendiri ?
Seberapa besar anda akan berusaha mengubah diri anda sendiri ?
TIPE KEPRIBADIAN
Menurut Hipocrates ada 4 tipe kepribadian :
Koleris…………… Donal Bebek
Sanguinis………. Tigger
Melankolis.…….. Rabbit
Phlegmatis…….. Eeyore
SIFAT KOLERIS
Mandiri
Dominan
Kemauan kuat
Berorientasi pada hasil
Bicara inti persoalan (to the point)
Memecahkan masalah secara praktis
Berani ambil resiko
DONAL BEBEK
Pemarah
Tidak akan membiarkan orang lain atau apapun menghalangi jalannya
Tidak peduli berapa banyak hinaan yang diterima, dia tetap berdiri kokoh
Sering gagal, tapi tidak pernah menyerah
Tidak bisa melihat kesalahannya sendiri
Mempunyai hati dan niat yang baik, meskipun sering salah jalan
SIFAT SANGUINIS
Antusias
Ekspresif
Senang bergaul
Menghidupkan suasana
Senang berbicara
Suka spontanitas
Suka kegiatan baru
TIGGER
Antusias : selalu bersemangat jika diajak suatu kegiatan
Ekspresif : meloncat / bergerak kesana kemari
Senang bergaul : selalu mencari teman
Menghidupkan suasana : selalu bersenandung dan menghibur
Senang berbicara : siapapun yang bertemu, disapa, diajak berbicara
SIFAT MELANKOLIS
Perfeksionis
Sistematis dan menyukai hal detail
Analitis
Hati-hati dan selalu patuh pada aturan
Sensitif
Suka memperbaiki kesalahan
RABBIT
Suka membicarakan hal-hal yang men-detail
Kecewa bila teman-temannya tidak mendengarkan apa yang dia bicarakan
Tidak suka mengambil resiko
Organisator yang baik, Pemikir yang ulung
Suka melakukan pekerjaan secara sistematis
SIKAP PHLEGMATIS
Ramah
Suka menghindari konflik
Mudah bersepakat dengan orang lain
Tetap bersikap baik, meskipun dalam tekanan
Teguh pendirian (keras hati tapi lembut, tidak kasar)
Bisa menyembunyikan emosi
Sabar
EEYORE
Lebih sering tampak murung, jarang terlihat gembira dan antusias
Lebih sering menundukkan kepala
Berbicara dengan suara pelan
Tidak pernah bertengkar dengan teman-temannya
Tidak suka menolak ide orang lain
Tidak pernah marah-marah
2. Kenali kepribadian pasien anda
Kenali….. kecenderungan tipe kepribadian pasien
Ketahui….. bagaimana cara komunikasi yang paling efektif dengan masing-masing pasien
KOMUNIKASI DENGAN SANGUINIS
Karena Sanguinis hobi berbicara, anda harus lebih banyak MENDENGARKAN
JANGAN membicarakan hal yang men-DETAIL tentang penyakit, misalnya : komplikasi, prosedur operasi, hasil lab, dll
Ajaklah berbicara tentang HAL yang DISUKAINYA misalnya : hobi, keluarga,dll
KOMUNIKASI DENGAN KOLERIS
Berbicara langsung TO THE POINT, jangan berbelit-belit atau bertele-tele
Setelah anda selesai memberi penjelasan, MINTALAH PENDAPATNYA tentang pelayanan yang telah anda berikan
Usahakan yang MEMILIH jenis pelayanan adalah DIA bukan anda
BERSIAPLAH untuk dikritik atau diremehkan oleh pelanggan tipe ini
KOMUNIKASI DENGAN MELANKOLIS
Bersikaplah SOPAN ketika berbicara, jangan sok akrab
Pilihlah kata-kata yang sopan
Berilah penjelasan yang RINCI dan SISTEMATIS tentang penyakit, misal : perkembangan penyakit, faktor resiko, bahaya komplikasi, alternatif pengobatan yang tersedia
JANGAN MENDESAK pasien untuk segera mengambil keputusan
KOMUNIKASI DENGAN PHLEGMATIS
Berbicaralah dengan GAYA BERSAHABAT, jangan terlalu agresif
Berilah PENJELASAN tentang penyakit dan pengobatan secara SEDERHANA dan mudah dipahami
Usahakan untuk MENANAMKAN KEYAKINAN bahwa pelayanan yang anda berikan perlu
JANGAN MENDESAK pasien untuk segera berobat
Cenderung Apakah
KEPRIBADIAN
Yang anda miliki ????
DEFINISI KATA PENILAIAN KEPRIBADIAN
KEKUATAN
Animated : Sikapnya mengasyikkan, penuh kehidupan
Adventurous : Bersedia melakukan suatu hal yang baru dan berani dengan tekad untuk menguasainya
Analytical : Suka menyelidiki bagian / hubungan yang logis dan yang seharusnya
Adaptable : Mudah menyesuaikan diri
Playful : Penuh kesenangan dan selera humor yang baik
Persuasive : Meyakinkan orang dengan logika & fakta
Persistent : Melakukan sesuatu sampai selesai,sebelum memulai lainnya
Peaceful : Tenang dan menghindari kekacauan
Sociable : Senang bersosialisasi, bersikap manis dan menghibur
Strong-willed : Memiliki kemauan yang kuat
Self-sacrificing : Bersedia berkorban untuk kepentingan orang lain
Submissive : Patuh, mudah menerima pendapat orang lain
Convincing : Memiliki kepribadian yang meyakinkan
Competitive : Siap / berani bersaing
Considerate : Baik budi, penuh perhatian pada orang lain
Controlled : Jarang memperlihatkan emosi
Refreshing : Membuat orang lain senang
Resourceful : Bisa bertindak cepat dan efektif dalam segala situasi
Respectful : Menghormati / menghargai orang lain
Reserved : Pendiam, bisa menahan diri dalam menunjukkan emosi /antusiasme
Spirited : Penuh kehidupan / gairah
Self-reliant : Percaya pada diri sendiri
Sensitive : Peka, memperhatikan orang lain atau sesuatu yang terjadi
Satisfied : Mudah menerima keadaan / situasi apapun
Promoter : Bisa mengarahkan orang lain untuk mengikuti
Positive : Tegas, pasti, meyakinkan
Planner : Menyukai tahap perencanaan & persiapan aturan-aturan yang rinci sebelum mulai pekerjaan
Patient : Sabar,tenang & toleran
Spontaneus : Dapat melakukan kehidupan atau kegiatan dengan spontan
Sure : Yakin, jarang ragu-ragu
Scheduled : Membuat dan mentaati rencana yang telah dibuat
Shy : Pemalu, tidak suka menonjolkan diri
Optimistic : Periang, meyakinkan dirinya & orang lain bahwa segalanya akan beres
Outspoken : Bicara terus terang
Orderly : Mengatur segala-galanya secara metodis & sistematis
Obliging : Bersedia untuk membantu, melayani, menurut
Funny : Punya rasa humor, bisa membuat cerita apa saja menjadi peristiwa yang menyenangkan
Forceful : Bersifat dominan, membuat orang lain mengikuti kemauannya
Faithful : Teguh, setia, penuh pengabdian
Friendly : Bersahabat
Delightful : Teman yang menyenangkan
Daring : Berani mengambil resiko, tak kenal takut
Detailed : Melakukan segalanya rinci & berurutan
Diplomatic : Penuh siasat, pandai berdiplomasi
Cheerful : Bersikap gembira, menyenangkan dan memberikan kebahagiaan pada orang lain
Confident : Percaya diri dan yakin akan kemampuan sendiri
Cultured : Memiliki jiwa seni
Consistent : Memiliki keseimbangan emosional yang tetap
Inspiring : Mendorong orang lain untuk bekerja, bergabung dan membuat seluruhnya menyenangkan
Independent : Berjiwa bebas, mandiri, tidak bergantung pada orang lain
Idealistic : Menginginkan kesempurnaan
Inoffensive : Tidak mengganggu orang lain, berusaha menyenangkan
Demonstrative : Terang-terangan menyatakan emosi terutama rasa sayang
Decisive : Mampu membuat penilaian yang pasti, tegas, meyakinkan
Deep : Mampu mendalami suatu masalah, mau introspektif
Dry humor : Sarkastis, pandai bicara menyindir, humor yang diikuti dengan gerak tubuh tertentu
Mixes easily : Pandai bergaul, senang bertemu dengan orang lain
Mover : Ingin selalu melakukan kegiatan / produktif
Musical : Komitmen terhadap musik sebagai bentuk seni
Mediator : Mencari peranan merukunkan pertikaian
Talker : Banyak bicara , merasa perlu mengisi kesunyian dan membuat orang lain senang
Tenacious : Memegang teguh prinsip, tidak berubah sampai tujuan tercapai
Thoughtful : Memiliki tenggang rasa, bijaksana, penuh pemikiran
Tolerant : Mudah menerima pemikiran & cara-cara orang lain
Lively : Penuh semangat kehidupan, lincah, giat dan baik
Leader : Bersifat memimpin
Loyal : Setia pada seseorang, gagasan atau pekerjaan
Listener : Pendengar yang baik
Cute : Cakap, elok, menjadi pusat perhatian
Chief : Memegang kepemimpinan dan mengharapkan orang lain mengikutinya
Chartmaker : Mengatur kehidupan, tugas, pemecahan masalah dengan menggunakan daftar, catatan
Contented : Mudah puas dengan yang dimilikinya
Popular : Terkenal baik, sangat diinginkan kehadirannya
Productive : Aktif bekerja terus menerus
Perfectionist : Menginginkan segalanya pada urutan yang semestinya sepanjang waktu
Pleasant : Menyenangkan, mudah bergaul dan diajak bicara
Bouncy : Kepribadian yang hidup, gembira, bersemangat
Bold : Gagah berani, tidak takut resiko
Behaved : Berkelakuan baik
Balanced : Kepribadian stabil
DEFINISI KATA PENILAIAN KEPRIBADIAN
KELEMAHAN
KELEMAHAN
q Blank : Kurang / tidak memperlihatkan ekpsresi wajah atau emosi.
q Bashful : Penuh rasa malu, menghindari perhatian orang lain
q Brassy : Suka pamer, memperlihatkan apa yang gemerlapan, tidak tahu malu
q Bossy : Suka memerintah, mendominasi
Undisciplined : Kurang / tidak disiplin dan mempengaruhi hampir semua bidang kehidupannya
Unsympathetic : Sulit mengenali masalah atau persaan orang lain
Unenthusiastic : Cenderung tidak bergairah, sering merasa bahwa bagaimanapun sesuatu tidak akan berhasil
Unforgiving : Sulit memaafkan dan melupakan sakit hati atau ketidakadilan yang diterimanya, biasa menyimpan dendam
Reticent : Tidak bersedia terlibat kegiatan karena malu, segan, penuh ragu
Resentful : Sering mendendam karena tesinggung oleh sesuatu yang sebenarnya atau sesuatu yang dibayangkan
Resistant : Menolak, melawan cara lain yang bukan caranya sendiri
Repetitious : Menceritakan kembali suatu kisah / masalah secara berulang-ulang tanpa menyadari dia sudah menceritakannya beberapa kali sebelumnya
Fussy : Cerewet, rewel, bersikeras tentang persoalan atau perincian sepele
Fearful : Sering mengalami perasaan sangat khawatir, sedih atau gelisah
Forgetful : Pelupa, mempunyai ingatan yang kurang kuat yang biasanya berkaitan karena kurang disiplin
Frank : Bicara langsung, blak-blakan, tidak sungkan mengatakan sesuatu yang dipikirkannya
Impatient : Tidak sabar atau merasa sulit bertahan
Insecure : Selalu merasa kurang aman, kurang percaya akan sesuatu
Indecisive : Selalu merasa sulit membuat keputusan apa saja
Interrupts : Lebih banyak bicara daripada mendengarkan, sering memotong pembicaraan orang lain
Unpopular : Tidak disukai karena tuntutan akan kesempurnaan atau tingkah lakunya, sehingga orang lain menjauhinya
Uninvolved : Tidak punya keinginan atau tertarik kepada perkumpulan , kelompok, atau kehidupan orang lain
Unpredictable : Tidak bisa diduga kelakuannya. Bergairah sesaat, sedih pada saat berikutnya. Mau membantu, kemudian menghilang. Berjanji akan datang, kemudian lupa
Unaffectionate : Sulit secara lisan atau fisik memperlihatkan perasaan, terutama kasih sayang secara terbuka
Headstrong : Keras kepala, bersikeras memaksakan caranya sendiri
Haphazard : Sembarangan, serampangan, sembrono
Hard to please : Sulit disenangkan hatinya
Hesitant : Ragu-ragu, lambat dalam mengikuti kegiatan
Plain : Kepribadian kurang menarik, datar, tidak suka memperlihatkan emosi
Pessimistic : Selalu melihat situasi dari sisi buruk lebih dulu
Proud : Angkuh, bangga akan diri sendiri, merasa yang terbaik dalam pekerjaan
Permissive : Suka mengijinkan, serba membolehkan, supaya disukai oleh orang lain
Angered easily : Pemarah, ingin orang lain menuruti kemauannya
Aimless : Tidak punya tujuan, mengikuti saja kegiatan orang lain
Argumentative : Suka menentang, berdebat, tidak peduli bagaimana situasinya
Alienated : Suka mengasingkan diri karena rasa tidak aman atau khawatir orang lain tidak benar-benar senang bersamanya
Naive : Bersikap kekanak-kanakan, kurang bijaksana
Negative attitude : Bersikap negatif, sering hanya melihat sisi buruk dari setiap situasi
Nervy : Kurang sopan, kasar, berani dalam hal negatif
Nonchalant : Tidak peduli, masa bodoh, acuh tak acuh, teledor
Worrier : Selalu merasa khawatir, cemas atau resah
Withdrawn : Sering menarik diri atau mengasingkan diri
Workaholic : Terus menerus bekerja, merasa bersalah kalau istirahat. Tidak untuk sempurna atau tuntas tetapi kebutuhan untuk pencapaian dan imbalan
Wants credit : Mengharapkan mendapat penghargaan atau persetujuan orang lain
Too sensitive : Mudah tersinggung
Tactless : Tidak bijaksana, kadang menyatakan sesuatu dengan cara yang menyinggug perasaan orang lain
Timid : Mundur dari situasi karena takut atau malu
Talkative : Banyak bicara
Doubtful : Ragu-ragu, selalu kurang yakin bahwa suatu hal bisa berhasil
Disorganized : Kurang mampu untuk mengatur sesuatu
Domineering : Bersifat menguasai dengan keras sekali
Depressed : Sering murung, muram
Inconsistent : Tidak tetap, selalu berubah-ubah
Introvert : Lebih suka memikirkan diri sendiri daripada memikirkan orang lain
Intolerant : Tidak bisa menerima sikap atau pandangan orang lain
Indifferent : Tidak tertarik, acuh tah acuh terhadap banyak hal
Messy : Hidup dalam keadaan tidak teratur, morat marit
Moody : Suka murung, emosinya tidak tinggi,tapi semangatnya akan merosot bila merasa tidak dihargai
Mumbles : Suka mengomel /menggerundel
Manipulative : Suka menyalahgunakan atau melakukan sesuatu dengan tipu muslihat untuk keuntungan sendiri
Slow : Lambat, tidak berpikir atau tidak bertindak dengan cepat
Stubborn : Bertekad memaksakan kehendaknya, susah dibujuk
Show-offs : Ingin menjadi pusat perhatian
Skeptical : Bersifat ragu-ragu, tidak mudah percaya
Loner : Seorang penyendiri, cenderung menghindari orang lain
Lord over : Sikap berkuasa, tidak ragu mengatakan bahwa dirinya benar
Lazy : Pemalas, menilai suatu kegiatan atau pekerjaan dengan ukuran berapa banyak tenaga yang harus digunakan
Loud : Suka bicara keras, bising, bisa juga pembual
Sluggish : Lambat untuk memulai, selalu perlu motivasi
Suspicious : Cenderung curiga, tidak mempercayai gagasan orang lain
Short tempered : Lekas marah, terutama bila yang diperintahkan olehnya tidak segera dikerjakan
Scatter brained : Sering lengah, kurang bisa konsentrasi, pikirannya berubah-ubah
Revengeful : Secara sadar atau tidak, menyimpan dendam dan menghukum orang yang melanggar perintahnya
Restless : Menyukai kegiatan baru terus menerus, karena tidak senang mengerjakan hal yang sama sepanjang waktu
Reluctant : Enggan, tidak bersedia ikut terlibat
Rash : Bertindak tergesa-gesa, tanpa pikir panjang, gegabah
Compromising : Sering merubah pendiriannya walaupun benar, untuk menghindari konflik
Critical : Bersikap selalu mencela, mengevaluasi sesuatu secara kritis
Crafty : Cerdik cenderung licik, selalu menemukan cara untuk mencapai tujuannya
Changeable : Berubah-ubah, angin-anginan
Selamat
MENILAI
diri sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar