COMMUNICATION THERAPEUTIC
is a Introduction
is a Introduction
Sri Dewi Setiawati. SKp.MPd
PENTINGNYA KOMUNIKASI
• Therapeutic communication differs from normal communication in that introduces an element of EMPATHY into what can be a traumatic experiences for the patient (Komunikasi terapeutik berbeda dari komunikasi normal dalam memperkenalkan unsur EMPATI ke dalam apa yang bisa menjadi pengalaman traumatis bagi pasien)
• It imports a feeling of comfort in the face of even the most horrific news about the patient prognosis (Hal ini mengirimkan perasaan nyaman dalam menghadapi berita yang paling mengerikan tentang prognosis pasien)
• The patient is made to feel validated and respected (Pasien dibuat merasa divalidasi dan dihormati)
TUJUAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK
Ø Establishing a therapeutic provider-client relationship (Membangun hubungan terapeutik antara penyedia layanan dan pasien).
Ø Identify client’s concerns and problem (Mengidentifikasi kekhawatiran dan masalah klien).
Ø Assess client’s perception of the problem (Mengkaji persepsi dari masalah klien).
Ø Recognize client’s needs (Mengenali kebutuhan klien).
Ø Guide client towards a satisfying and socially acceptable solution (Panduan klien menuju solusi yang memuaskan dan diterima secara sosial).
KUALITAS DARI SEORANG KOMUNIKATOR YANG BAIK
Ø Respect and empathy for the client (Menghormati dan empati untuk klien).
Ø Good communication skills (Keterampilan komunikasi yang baik).
Ø Tolerance of values and beliefs different from one’s own (Toleransi terhadap nilai dan keyakinan yang berbeda dari seseorang).
Ø Unbiased attitudes (Rekomendasi sikap).
Ø Patience (Kesabaran).
Ø Awareness of gender issues (Kesadaran isu-isu gender).
PROSES KOMUNIKASI
Proses komunikasi dapat didefinisikan sebagai suatu proses pengiriman-penerimaan
KOMUNIKASI YANG TEGAS (ASERTIF)
Bentuk komunikasi dimana kita bicara dengan benar, dapat merasakan yang dirasakan lawan bicara.
KOMUNIKASI VERBAL
· Vocabulary (kosa kata).
· Denotative & Conitative meaning (Arti Denotatif & Conotative)
· Pacing (komunikasi yang dilakukan dengan posisi yang berpindah-pindah)
· Intonation (Intonasi)
· Clarity & brevity (Kejelasan & kelugasan).
· Timing & Relevance (Waktu & Relevansi).
KOMUNIKASI NONVERBAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar